Apa itu Palet Plastik?

 

Pallet Plastik adalah papan datar berbentuk persegi horizontal yang digunakan untuk mengangkut barang diatasnya. Palet plastik mudah untuk diangkat dan dipindahkan oleh alat angkut
seperti forklift, hand pallet, dan stacker, serta untuk ditempatkan di sistem penyimpanan yang sesuai dengan alat angkut. 

 

pallet plastik

Palet plastik berguna untuk penyimpanan, menjaga kehigienisan dan mengangkut material bahan baku dan produk jadi. Selain itu, palet plastik dapat menjaga produk hingga ke tangan konsumen. Penggunaan palet plastik dalam rantai pasokan menjadi semakin dimudahkan dan penting dalam kemajuan sistem rantai pemasokan ekspor impor saat ini.

Palet plastik saat ini lebih banyak dilirik penggunannya dikarenakan penggunaannya yang mudah,  memiliki ketahanan dalam waktu jangka panjang dan pengecualian
Regulasi #ISPM-15, untuk pengiriman internasional. Sehingga ini menjadi salah satu keunggulan lebih bagi palet plastik hingga banyak yang beralih dari palet kayu ke palet plastik. Bahan yang digunakan untuk palet plastik ada berbagai macam material, seperti Polipropilena dan Polietilena.

Apa Perbedaannya Polipropilena dan Polietilena?

Polipropilena disingkat menjadi PP. PP (polipropilena)(IUPAC:Politena) merupakan sebuah polimer termo-plastik yang dibuat oleh industri kimia dan digunakan dalam berbagai aplikasi, diantaranya palet plastik. Polimer adisi yang terbuat dari propilena monomer, permukaannya tidak rata serta memiliki sifat resistan yang tidak biasa terhadap kebanyakan pelarut kimia, basa dan asam. Polipropena biasanya didaur-ulang dan symbol daur ulang adalah nomor “5”
.
Sedangkan Polietilena disingkat menjadi PE. PE Merupakan polimeryang terdiri dari rantai panjang monomer etilena (IUPAC: etena). Dalam industri polimer, polietilena disingkat dengan tulisan PE. Polietilena juga dikenal sebagai polimer yang tersusun atas monomer etena, memiliki sifat dapat melunak terkena panas, namun tidak sekuatpolipropilena. polietilena biasa digunakan untuk film, tas plastik,  botol plastik, serta palet plastik.

Jenis-Jenis Pallet Plastik
Pallet plastik memiliki berbagai jenis tipe yang sesuai dengan kebutuhan dan kekuatan yang berbeda - beda. Pallet Plastik sangat memiliki peran besar dalam pendistribusian barang gudang maupun logistik. 

Selain itu Pallet Plastik juga memiliki banyak fungsi sebagai pajangan. kemudian Pallet Plastik memiliki perkembangan cukup besar dari jaman ke jaman , mengapa? karena Pallet Plastik memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan dari barang mentah hingga barang jadi sampai ditangan pengguna akhir.

Setiap Pallet Plastik memiliki kekuatan beban yang berbeda. semakin besar Pallet Plastik akan semakin besar kekuatan yang dimiliki. perawatan Pallet Plastik dapat dilakukan dengan menjaga penggunaan pada handling (penggunaan pada forklift/ hand Pallet ). jika penggunaan handling tidak baik akan mempengaruhi kekuatan Pallet Plastik tersebut . untuk menjaga handling dengan baik yaitu dengan tidak menabrak Pallet Plastik tersebut hingga rusak di salah satu sisi.

Selain menjaga Handling, Pallet Plastik juga harus di jaga kebersihannya karena Pallet Plastik sangat mudah di bersihkan dan Pallet Plastik tersebut dapat digunakan jangka lama. kelemahan dari Pallet Plastik yaitu tidak dapat menahan paparan sinar matahari terlalu lama 1 – 2 bulan, akan menyebabkan Pallet Plastik tersebut akan mempengaruhi kekuatannya dari daya tahan menahan beban. Pallet Plastik  memberikan ragam tipe sesuai dengan tingkat kebutuhan anda.

Tipe Pallet Plastik berkualitas terbagi menjadi 2 bagian yaitu :

1. Pallet Plastik Ekspor
    Oneway Series
    Light Duty Series

2. Pallet Plastik Warehouse/ Pallet Plastik Gudang
    Medium Duty Series
    Heavy Duty Series
    Hygiene Series

Masing – Masing tipe Pallet Plastik memiliki keragaman warna, beban static, beban racking dan beban load yang cukup besar berbeda-beda. Dari seluruh Pallet Plastik tersebut paling diminati yaitu Oneway Series. Oneway Series termasuk Pallet Plastik paling ringan, ramah lingkungan, mudah di bersihkan dan paling sering digunakan untuk export barang, selain itu Pallet Plastik  memiliki warna beragam yang paling umum adalah warna hitam, biru, abu-abu dan sebagainya.

Tentunya plastik memiliki material yang beragam yaitu jenis Polypropylene yang disingkat PP dan High density polyethylene yang disingkat HDPE masing-masing memiliki kekuatan yang berbeda. 

Baca juga: keuntungan trnsaportasi dengan pallet plastik.


Apa itu Palet Plastik? 4.5 5 Lanang Juwa Pallet Plastik adalah papan datar berbentuk persegi horizontal yang digunakan untuk mengangkut barang diatasnya. Palet plastik mudah untuk d...